Sabtu, 12 Desember 2009

legenda musik rock

Gonta-ganti personel tidaklah memnyurutkan nama besar Deep Purple,bahkan di tahun 2000 lalu mereka merilis album Very Best of Deep purple. Band yang berasal dari Hertford, Inggris ini terbentuk pada tahun 1968 dengan personel Ritchie Blackmore (gitar),Rod Evans (vokal),Nick Simper (bas),John Lord (kibor) dan Ian Paice (drum). Debut album mereka adalah Shades of Deep Purple (1968) dengan salah satu lagu hit mereka Hush. Sayangnya setelah merilis album ketiga, dua personel utamanya Rod Evans dan Nick Simper hengkang dari band. Kemudian posisinya digantikan oleh Ian Gillan dan Roger Glover. Di tahun-tahun berikutnya nama Deep Purple semakin mencuat ke permukaan sebagai grup Hard Rock terbaik dunia dan lagu-lagu mereka seperti Smoke on The Water, Black Night dan Fireball menduduki tangga lagu Inggris.

Pada tahun 1974 Ian Gillan mundur dari band yang tengah sukses ini yang diikuti oleh Glover. posisi mereka diisi oleh Dave Coverdale dan Glenn Hughes. Setelah merilis album Strombringer,giliran ruh dari band itu yaitu Ritchie Blackmore hengkang dan membentuk band bernama Rainbow. Puncaknya di tahun 1976 Coverdale pun ikut mundur dari band yang membuat kondisi Deep Purple saat itu sempat goyah.

Baru di tahun 1984 Blackmore, Gillan dan Coverdale masuk kembali dan merilis album Perfect Stranger yang menyabet album platinum. Namun lagi-lagi Blackmore dan Gillan menyatakan mundur di saat Deep Purple sedang menanjak. Kekosongan personel ini sempat diisi oleh seorang master gitar Joe Satriani yang kemudian digantikan oleh Steve Morse.

Di tahun berikutnya Deep Purple lebih banyak merilis album kompilasi dan live konser. Namun demikian jadwal tur mereka tetap padat. Album terakhir mereka berjudul Bananas membuktikan mereka masih tetap eksis sebagai grup Hard Rock ditengah hadirnya aliran musik Nu-Metal.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates